Membangun Toko Online

Memanfaatkan Teknologi E-Commerce Untuk Kemudahan Melakukan Transaksi Bisnis Di-Internet


Memahami Modul Toko Online Plus

Agar Kita dapat membuat modul pengiriman Toko Online Plus, terlebih dahulu kita mesti memahami bagaimana modul Toko Online Plus diimplementasikan. berikut ini saya akan memberikan uraian singkat tentang beberapa konsep dasar dalam modul pengiriman Toko Online Plus.

Penggunaan Negara, Provinsi dan Kota

Modul pengiriman toko online plus berkaitan erat dengan alamat pelanggan, dalam hal ini karena kurir memerlukan alamat pelanggan secara detail, dan lengkap agar bisa mengirim barang secara benar. Toko Online Plus bisa mencatan alamat Negara dan Provinsi pelanggan dengan tepat, karena pelanggan diharuskan memilih dari daftar yang disediakan, dan tidak boleh mengetiikan secara bebas. namun untuk kota serta alamat dengan tingkat yang lebih rendah misalnya kota kabupaten, kecamatan dan seterusnya kebawah, pelanggan diperbolehkan mengetikan secara bebas, sehingga meskipun terjadi kesalahan ketik nama kota, tidak menimbulkan pengaruh terhadap tarif pengiriman barang. hal ini dimaksudkan agar pelanggan bisa mengetikkan alamatnya secara detil misalanya : nama jalan, desa, RT, RW dan seterusnya. untuk menyimpan nama semua daerah di dunia disini kita memerlukan tabel zone id dalam tabel database.
Dalam modul pengiriman toko online menggunakan kota sebagai penentu biaya pengiriman barang, oleh karena itu dalam modul pengiriman toko online, kita perlu mencocokan kota yang dimasukkan sebagai alamat pelanggan dengan provinsi tempat kota itu berada. mengingat jumlah kota diseluruh dunia sangat banyak, maka dalam penggunaan e-commerce (toko online) hanya mengenal alamat sampai tingkat provinsi, sehingga untuk kota yang masih berada dalam provinsi yang sama, akan di kenakan tarif pengiriman yang sama. sebagai contoh antara kota mataram, dan kota sumbawa yang masih sama- sama berada dalam provinsi NTB, akan dikenkan biaya pengiriman yang sama.

Modul Pengiriman Sebagai Extension Toko Online

Yang perlu diperhatikan dalam membangun e-commerce (toko online) adalah aplikasi tersebut harus bersifat dinamis, artinya pada aplikasi tersebut harus dapat ditambahkan modul-modul lokal sesuai dengan kebutuhan pengguna tanpa harus merubah codebase, misalnya modul pengiriman , modul pembayaran dan lain sebagainya, dan modul tersebut harus dapat diaktifkan dan di non-aktifkan kapan saja tanpa mengganggu jalannya operasional aplikasi e-commerce (toko online) tersebut. dua buah modul yang harus ada dalam toko online ;
  • Katalog digunaka dalam toko online oleh pelanggan.
  • Admin digunakan dalam layar administrasi oleh pemilik toko online
masing - masing tempat melibatkan penambahan file-file yang ditempatkan tersebar dialam beberapa folder.

Pertimbangan Solusi

solusi yang akan saya sajikan disini berdasarkan beberapa pertimbangan :
  • Tidak menambah struktur tabel, keperluan penambahan data akan memanfaatkan struktur tabel dalam aplikasi e-commerce yang sudah ada. hal ini dimungkinkan apabila dalam aplikasi e-commerce yang akan kita bangun terdapat tabel-tabel yang sifatnya geberal.
  • memudahkan admin dalam mengupdate tabel biaya pengiriman sesuai dengan tarif terkini yang diberlakukan oleh kurir. dengan memanfaatkan perangkat lunak yang sering digunakan oleh pemilik toko,misalnya microsoft excel.
salah satu modul pengiriman untuk toko online yang paling populer adalah TIKI JNE , disini saya akan menjelaskan modul pengiriman TIKI JNE secra teknis. hasil implementasi yang akan saya jelaskan disini berupa hasil tambahan yang bisa diinstal di atas toko online yang sudah ada maupun yang baru. dengan kemampuan pengiriman TIKI JNE, boleh dibilang toko online kita sudah bisa mengirimkan ke seluruh pelosok nusantara.
Aturan Pengiriman TIKI JNE

TIKI JNE menyediakan layanan pengiriman yang beragam, ada tarif regular, larif ekonomis dan juga tarif express. pada modul ini saya akan menjelaskan tarif regular dan tarif ekonomis pada toko online. baik tarif regular maupun ekonomis menerapkan aturan yang sama dalam menentukan tarif ongkos pengiriman yaitu berdasarkan berat per kilogram barang yang dikirim dan daerah tujuan pengiriman. misalnya : sebuah barang yang dikirim dengan berat 1 kg untuk tujuan Sumbawa dan Bali atau NTT tentu berbeda, tetapi barang yang dikirim 1 kg untuk tujuan Bima, Sumbawa dan Mataram biayanya akan sama karena masih berada dalam provinsi yang sama. kalau beratnya berbeda, walaupun tujuannya sama tarifnya juga akan berbeda.

Langkah Instalasi TIKI JNE

  1. Download Modul Pengiriman TIKI JNE pijaronline support dari situs pijaronline.com
  2. Upload sesuai dengan lokasi folder dari masing-masing file.
  3. Login ke administrator Area kemudian klik menu admin - konfigurasi - user - user group kemudian klik edit di sebelah kanan user top administrator centang pada bagian shipping/pijar online dan shipping/pijaronline2 baik untuk izin akses maupun untuk izin mengubah kemudian klik tombol simpan. perhatikan gambar berikut :
4. Klik menu extension - pengiriman lalu klik install pada bagian kanan TIKI JNE regular dan TIKI JNE Ekonomis sehingga muncul menu edit dan hapus.




5. Klik edit pada pengiriman TIKI JNE regular kemudian isi form tarif pengiriman untuk TIKI JNE regular, perhatikan contoh Gambar :


untuk mengisi tarif di teks area , gunakan format berikut :
Zone Id, nama kota, tarif TIKI JNE Regular

contoh :
1513 Sumbawa 100000
1515 Mataram 100000
1517 Bali 90000


Contoh Studi kasus Sistem Informasi DOWNLOAD

1 komentar:

terima kasih postingx mas , lumayan buat referensi tugas

Silahkan Tinggalkan Komentar anda
EmoticonEmoticon